A Group That Can’t Be Hated

Once upon a time, pas pertama kali kenal dunia terkutuk per-kpop-an saya ngestan Super Junior. Saya yakin saya bukan satu-satunya karena ya—kalau  buku itu adalah jendela dunia, Super Junior merupakan jendelanya kpop. Jangan ngaku kpopers kalo kamu nggak pernah ngestan oppa-oppa yang sekarang sudah beranjak jadi ahjussi-ahjussi ini, heheheh.

Saya kenal kpop sekitar kelas satu SMP yang berarti itu sekitar tahun 2009-an. Lama banget saya ngetsan Super Junior karena pada masa itu seingat saya memang masih sedikit sekali boyband yang terkenal atau mungkin sayanya saja yang waktu itu terlalu silau sama Super Junior dan nggak merhatiin grup lain. Dulu itu denger ada lagu Korea diputer di TV atau radio itu rasanya sueneng banget yang banget banget gitu. Apalagi pas SS4 diumumin dan Indonesia ternyata masuk ke listnya. Itu ya sumpah rasanya kek deg-degan sendiri karena serasa bisa menginjak tanah yang sama, menghirup udara yang sama, dan melihat langit yang sama dengan oppa. Itu lebay banget kalo diingat-ingat sekarang tapi apa daya, kata orang kan cinta itu buta. Wkwk

Kalo sekarang mah, kpop gampang banget diakses dan banyak (i mean really a lot) grup-grup yang bermunculan sampe yang gimanasih kita kalo ngestan satu grup aja tuh rugi gitu lo soalnya yang lain kalo nggak distan-in berasa mubadzir. Hihihi. Kalo sekarang mah saya kalo suka ya ngikutin, kalo bikin pusing kebanyakan grusa-grusu tinggalin. Padahal kalo dulu itu rasanya kayak yang oppa itu harga mati. Jadi, apa aja yang dilakuin oppa, baik buruknya, tetep aja dibela sampe yang ikut-ikutan fanwar nggak penting. Tapi ya sekali lagi jangan ngaku kpopers juga kalo kamu belum pernah ikutan fanwar. Ini sesat sih, tapi meski fanwar itu cuma saling ejek tapi one day, pas kamu inget-inget lagi apa yang udah kamu lakuin itu (fanwar), kamu bakal senyam-senyum sendiri seperti ketika saya nulis ini.

Jadi, setelah bertahun-tahun saya ngestan Super Junior, datanglah rumor bahwa bakal ada grup debutan SM yang katanya bakal gantiin Super Junior bikaus they’re growing old already. Sebagai seorang fanatik sih waktu itu saya yang ngebelain Super Junior bangetlah. Saya meyakinkan diri sendiri bahwa Super Junior nggak bakal tergantikan. Tapi semuanya sirna ketika waktu itu tahun 2012 EXO beneran debut. Pertamanya sih saya nggak mau lihat kabar tentang mereka atau lihat MV apalagi dengerin musiknya. Saya nggak mau perhatian saya ke Super Junior teralihkan. Tapi lambat laun, saya kebawa temen. Kalo nggak salah, waktu itu temen saya muter MV MAMA dan yaampun gimana orang mau nggak merhatiin coba kalo MV plus lagunya se-catchy itu. Dan hari itu adalah hari yang bakal saya kenal sebagai hari dimana berakhirnya kefanatikan saya kepada Super Junior dan awal kegilaan saya ke EXO.

Konsep alien di MAMA benar-benar terpatri di otak saya sampe saya yang sukaaaaaa banget soalnya out of the box dan emang konsep ini kuat karena di lagu-lagu berikutnya, meski sudah nggak alien lagi, masih ada kilasan-kilasan kekuatan supranatural yang punya kesan ‘ini EXO banget’. Saya ngikutin musik-musik EXO dan lagi-lagi nggak merhatiin grup lain karena silau sama banyaknya member ganteng yang ditawarkan grup ini. Tapi kemudian ada masa dimana saya benci banget, bete, kesel, dan marah sama grup ini. Iya—bener, nggak lain dan nggak bukan adalah ketika tahun 2014 Kris mengajukan lawsuit apalah-apalah itu. Terus ketambahan Luhan, dan Tao yang terakhir. Like, what the hell, kalian grup baru banyak tingkah banget. Super Junior yang umurnya udah sedekade aja ayem tentrem aja gitu lo. Pokoknya waktu itu saya bener-bener ninggalin EXO karena mereka kebanyakan drama lawsuit bullshit.

Tapi ya emang, saya kayaknya sudah terlalu lama terjerat dalam lingkaran setan per-kpop-an ini makanya pada akhirnya saya balik ke mereka juga. Yang membuat saya balik ke mereka waktu itu adalah ketika MV Sing For You rilis. The music video was beautiful, too beautiful to be ignored. Lemah banget hati ini pas lihat Kai dance solo disana. It feels like I could feel the pain behind his dancing or something. Pokoknya, kayak ada yang sakit gitu tiap kali saya lihat adegan dance-nya dia yang berkelebatan dengan adegan berantemnya Suho-Chanyeol.

1

Untitled

Kemudian, gara-gara saya yang nggak terlalu merhatiin EXO itu saya jadi explore grup-grup lain. Saya belakangan rada kena demam BTS. HAHAHA. Padahal itu grup lagi naik daun banget tapi saya nggak pernah merhatiin sebelumnya. Ini ceritanya kenapa saya bisa kenal BTS adalah karena one day saya baca fanfiction BTS yang mana plotnya bagus banget soalnya yang nulis emang salah satu author favorit saya. Fanfictnya berbau detektif gitu lah. Jadilah saya kepo dan mulai searching soal mereka. Bertepatan dengan pas saya ngepoin mereka, BTS ini merilis MV dari lagunya yang berjudul Save Me. Suer, Save Me bagus banget gengs lagunya. Y’all should listening to this. Tapi sesuka-sukanya saya sama BTS, tetep sih hati ini pulangnya ke EXO. Palagi mereka comeback Monster. Palagi repackaged Lotto. Bye!

Tapi sebenarnya saya disini bukan mau bahas soal Super Junior, EXO, atau BTS. Sesuai dengan judulnya, saya bakal bahas sebuah grup yang saya rasa emang  just can’t be hated. Setiap kali grup ini release MV baru saya selalu download dan selalu suka. Lagu-lagunya itu my cup of tea banget dan bener-bener nggak ada yang saya nggak suka. Super Junior saya ada masa bosennya, sama EXO juga, apalagi BTS yang emang baru banget saya kenal. Ketiga grup itu, saya kadang nggak ngikutin mereka karena saya merasa emang saya nggak harus melulu ngikutin mereka tiap comeback. Tapi ada satu grup yang mana saya selalu suka sekali model-model lagunya.

BEAST.

Saya nggak pernah ngetsan grup ini sampe yang banget-banget gilanya. Saya nggak pernah yang suka sama salah satu member sampe yang belagak protektif gitu. Bahkan bisa dibilang saya nggak ada bias di grup ini karena semua saya anggap sama rata. Tapi nggak tahu kenapa musiknya BEAST selalu cocok sama telinga saya. Pertemuan pertama dengan BEAST diawali dengan lagu Fiction yang emang pada jamannya lagi hits banget. Semua orang, bahkan temen saya yang non-kpop punya MV atau minimal lagunya. Dancenya yang khas ngebuat Fiction ini gampang banget dikenali. Saya emang nggak jatuh cinta sama BEAST, tapi saya selalu merasa cocok dengan lagu-lagu BEAST. Apalagi kalo lagu-lagu ballad gitu. Kayaknya sebelum tahu artinya lagu, saya bisa ngerasain sakit dari sekedar dengerin lagunya.

Hal tersebut terjadi beberapa kali seperti pas saya dengerin Will You Be Alright atau 12.30 atau No More atau yang terakhir ini Ribbon. Will You Be Alright bahkan masih ada di playlist hape dari jaman SMA dan sekarang saya sudah semester lima. Nggak tau juga kenapa saya nggak bosen-bosen sama lagu ini. Kalo nggak salah saya pernah baca itu lagunya dari Junhyung buat Hara (mantannya). Nggak tahu juga soal kebenaran ini tapi kalo pun bener, saya bisa ngerti sih gimana itu patah hatinya Junhyung pas pisah sama Hara karena ya emang kerasa banget di tiap detik melodinya. Apalagi pas saya sudah tahu arti liriknya. Yaudah bye~

BEAST-Ribbon-Lyrics

Terus yang terakhir ini BEAST comeback dengan lagu ballad judulnya Ribbon. Saya heran sih sama Junhyung, lagu ballad yang diciptain dia ini selalu bikin saya yang ikutan termehek-mehek gitu dengerinnya. Padahal nggak tahu artinya. Terus pas setelah tahu artinya, makin menjadi deh termehek-meheknya. Kek yang duh, kesel soalnya saya bisa ngrasa ikut sakit banget. Lagu ini kurang lebih menceritakan penyesalan seorang laki-laki yang nggak sadar kalo lambat laun hubungan dia sama pasangannya itu merenggang sampe akhirnya berpisah. Dia nyesel dan berharap kalo mereka bisa bersatu kembali seperti dulu lagi yang mana dalam lagu ini diibaratkan dengan si laki-laki ini pengen mereka bisa diikat kembali dengan sebuah pita biar bisa bersatu. That’s why it’s called  Ribbon.

Kemarin saya sempet nonton sekilas BEAST di Weekly Idol dan Junhyung ngejelasin soal darimana dia dapat inspirasi buat lagu Ribbon ini. Jadi kata dia, waktu itu dia lagi make handuk yang bentuknya baju yang di tengahnya ada tali/pita buat ngiket kan. Waktu itu dia ada di sebuah hotel dan ketika dia keluar dari kamar hotelnya, tepat di depan kamarnya, tiba-tiba si tali/pita handuknya itu lepas dan terus dia buru-buru balik masuk ke kamarnya. Untungnya sih katanya nggak ada orang waktu itu. Terus ya, saya nggak habis pikir sih gimana jeniusnya Junhyung ini. Karena kejadian sesimple itu dia terinspirasi buat lagu Ribbon ini. Filosofinya simpel banget, kata dia, tali/pita di handuknya ini kayaknya udah diikat dengan kuat tapi nyatanya bisa lepas dengan begitu mudahnya. Sama dengan sebuah hubungan, kelihatannya kuat dan nggak terpisahkan tapi nyatanya gampang banget pisahnya.

Disitu saya yang kayak ‘gile, Junhyung pinter banget bruh’. Apa ya, mungkin orang kalo musikalitasnya tinggi gitu ya. Hal-hal kecil di sekitar yang biasa banget bisa dibuat lagu. Dan lagunya bisa sebagus dan sedasyat ini. Bisa bikin sebaper dan segalau ini.

Nggak cuma lagu-lagu balladnya, BEAST boal-balik sukses dengan lagu non ballad kayak Beautiful Night, Shadows, YeY, Good Luck, dll, dll. Mungkin saya nggak ngikutin berita member BEAST satu- per satu atau mungkin saya nggak pernah ngetwit galau soal BEAST. Tapi BEAST selalu punya tempat tersendiri di hati saya. Saya bahkan belum pernah ngepost a dedication post buat Super Junior atau EXO apalagi BTS. Tapi saya merasa perlu ngepos buat BEAST karena mereka emang sebuah grup yang layak buat dapat apresiasi buat musiknya. BEAST adalah satu-satunya grup yang saya sukai bukan karena tampangnya duluan. Super Junior, EXO, atau BTS, saya kadang nggak suka lagu mereka tapi jadi kayak yang rada memaksakan buat suka karena saya merasa harus suka bikaus they’re my biases. Kalo BEAST ini lain, saya nggak terlalu merhatiin membernya tapi saya selalu suka sama lagu-lagunya duluan. Makanya kemarin pas saya nonton mereka di Weekly Idol saya rada pangling dan kaget soalnya mereka tambah ganteng-ganteng. Wkwk.

Ya emang sih, boyband mana yang nggak ganteng kan, tapi karena selama ini kebiasaan cuma dengerin suaranya aja dan udah lama banget nggak namatin tampang mereka satu-satu, mereka ternyata jauuuuh lebih ganteng dari yang dulu. Nah, ini dia yang dinamakan dengan getting older, getting hotter. Am I right or right? Heheheh

Meski saya gonta-ganti grup favorit, sekali lagi saya bilang BEAST bakal selalu ada disana sebagai grup yang nggak bakal saya lewatkan tiap comebacknya.

fin.

2 thoughts on “A Group That Can’t Be Hated

  1. Duh, beast yang dipuji tapi (ngakunya sih) sebagai b2uty saya terharu dan ikut bangga. Jangankan di indo, di negeri asalnya aja beast itu lovable di segala kalangan termasuk non stan karena itu tadi. Musiknya. Kedua, mereka terkenal dengan titel anti lipsing hehehe kalo ga percaya bisa cek artikel intiz/pann/dsb

    Kalau untuk wajah? Banyak yang lebih muda dan lebih ganteng yakan? Kkkk

    Tapi saya jadi ikut ingin komentar nih, beast yang sekarang ga bakal ada kalau gaada beast yang dulu. Kalau kamu ngikutin (minimal tahu) dari awal perjalanan mereka gimana, pertumbuhan mereka itu sangat dinamik. Naik turun.

    Dari mulai disebut recyle grup, Junhyung mengkopi Gd style, hyunseung skandal sampai akhirnya leave, … 😭😭😭

    Intinya makasih udah respek ke beast 😄

    Ahhh malah curhat nih maaf ya

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar